keyln.com

Kamis, 06 September 2012

Pendidikan Karakter


By on 07.02



“Mewujudkan pendidikan berkualitas berbasis karakter”, tentunya Immanuel tidak akan jauh – jauh dari yang namanya pendidikan karakter. Mungkin ada yang tidak tahu apa yang dimaksud pendidikan karakter. Yup, pendidikan karakter adalah penanaman karakter yang baik yang dilakukan secara terus menerus, baik melalui pembiasaan maupun dalam pembelajaran yang menitik berqatkan pada 18 karakter, yang merupakan cirri dari bangsa Indonesia, misalnya: Religius, Jujur, Tanggung jawab, Disiplin, Kerja Keras, Komunikatif, Nasionalisme, Cinta LIngkungan dan lain sebagainya.
Pendiikan karakter itu sendiri bertujuan untuk memperbaiki karakter bangsa Indonesia yang pada akhir – akhir ini banyak diabaikan. Guru dan siswa sangatlah berperan dalam proses berjalanya pendidikan karakter ini. Namun ketika tim wartawan Immanuel Magazine mengajukan pertanyaan kepada Ibu Surya, “ Apakah pendiikan karakter di SMA Immanuel dapat dikatan berhasil?”. Ibu Surya mengatakan bahwa pendidikan karakter di SMA Immanuel masih belum bias dikatakan berhasil, karena untuk mengukur keberhasilan pendidikan karakter  bukanlah hal yang mudah, karena harus mengamati sikap dari tiap siswa. Pendidikan karakter yang telah diterapkan di SMA Immannuel saat ini ialah Religius, Disiplin dan Cinta Lingkungan yang dilakukan melalui pembiasaan, sedangkan yang lain dimasukan dalam setiap mata pelajaran melalui SK (Standar Kompetensi) dan KD (Kompetensi Dasar) serta indicator dan tujuan.
Perkembangan SMA Immanuel saat ini sedang mengadakan pembenahan baik dalam profesionalisme tenaga pendidik, kelengkapan prasarana dan kualitas pembelajaran bagi peserta didik. Dan SMA Immanuel sendiri mempunyai harapan meningkatkan dan mengevaluasi hasil dari pendidikan karakter untuk kedepannya. Meskipun dilihat dari jumlah siswa tidak banyak mengalami perubahan, namun jika dilihat dari kualitas siswa banyak yang mengalami kenaikan.
Di SMA Immanuel Batu telah dilaksanakan perenovasian kelas, karena kondisi kelas juga sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar, seperti pencahayaan, sirkulasi udara, kebersihan kelas dan kenyamanan kelas. Selain perenovasian kelas, saat ini pihak sekolah berencana menyelesaikan renovasi kamar mandi dan menata kembali penataaan ruang guru. Kesemuanya itu diharapkan agar meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di SMA Immanuel mengalami peningkatan yang signifikan dari segi kualitas hingga menjadi sekolah yang unggul.
Spiritual Building
Menurut kamus bahasa Inggris, kata “Fellowship”  berarti persahabatan, persaudaraan, dan keanggotaan. Nah terus apa hubungannya dengan SMA Immanuel? Check this out! Fellowship merupakan salah satu program atau kegiatan spiritual building (membangun kerohanian) yang diadakan di SMA Immanuel setiap hari jumat. Kegiatan ini dibina oleh ibu Ratna dan Bapak Didik, dan tentunya bagi siswa – siswi SMA Immanuel sudah tidak asing lagi dengan Kak Kris. Yup, Kak Kris sangatlah berperan dalam kegiatan Fellowship ini. Beliau terjun langsung dalam mendampingan anak – anak Kristus ini. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan Tuhan Allah kita dan juga sesama. Gimana caranya? Yaitu dengan berdoa, mengangkat pujian dan tak jarang mereka share tentang masalah – masalah mereka, ditemani Kak Kris sang mentor. Yang pasti Fellowship ini kegiatan yang sangat menyenangkan dan tidak membosankan bagi mereka yang mengikuti kegiatan ini.
Point Plus SMA Immanuel
Selain pendidikan karakter yang telah dijelaskan diatas, SMA Immanuel juga menjadikan siswa multitalenta. Dengan adanya beberapa program tambahan seperti:
1.      Penguasaan IT
SMA Immanuel bekerja sama dengan Pesona Edu ilearning, sehingga bias dipastikan bahwa siswa – siswi akan benar – benar menguasai IT
2.      Penguasaan Bahasa Asing
Mandarin, Jepang, Jerman dan Inggris
3.      Pengembangan Soft Skill dan Life Skill
4.      Membangun moral dan Karakter
5.      Pengembangan diri
Musik, Paduan Suara, Band, Futsal, Basket & Jurnalistik

COPAS AJA GUYS

Temen-temen kalau mau copas artikel keyln.com sah-sah saja dan boleh-boleh saja, asal cantumin www.keyln.com ya... GBU

0 komentar:

Posting Komentar