SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (2)
Sekolah : SMA Immanuel Batu Kelas : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester : 1 / Ganjil
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA IMMANUEL BATU |
Satuan Pendidikan : SMA Immanuel Batu Kelas/ Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Mata Pelajaran :Bimbingan dan Konseling TahunPelajaran :2010/2011
Waktu :2 x 45 menit Tanggal : 10 Juli 2011
A | Judul Layanan | Bimbingan dan Konseling |
B | Jenis Layanan | Orientasi |
C | Bidang Bimbingan | Pribadi dan Sosial |
D | Fungsi Layanan | Pemahaman dan Pencegahan |
E | Standar Kompetensi |
|
yang terpuji sebagai anggota masyarakat sekolah | ||
timbal balik yang menguntungkan antara siswa dan sekolah | ||
F | Kompetensi Dasar | Siswa mampu mengenal dan bersedia melaksanakan tata tertib sekolah yang berlaku secara benar dan bertanggungjawab sehingga tercapai keseimbangan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, mandiri, dan memiliki kesadaran yang tinggi |
G | Tujuan Layanan |
|
yang terpuji sebagai anggota masyarakat sekolah | ||
timbal balik yang menguntungkan antara siswa dan sekolah | ||
H | Sasaran Kegiatan | Siswa SMA Kelas X |
I | Materi Layanan | Tatatertib Sekolah |
a. Untuk apa ada tata tertib? | ||
b. Tata tertib di sekolah | ||
c. Hak dan kewajiban siswa | ||
J | Tempat Penyelenggaraan | Ruang Kelas X |
K | Metode Pembelajaran | 1. Ceramah 2. Diskusi (Tanya Jawab) |
L | Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran | Kegiatan Pendahuluan 1. Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan arti penting tata krama, etika dan tata tertib dalam kehidupan Sehari-hari. 2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran |
Kegiatan Inti 1. Guru menjelaskan materi tintang tata krama dan etika di sekolah 2. Guru menjelaskan tata tertib yang berlaku di sekolah 3. Guru membuka sesi tanya jawab seputar tata tertib sekolah | ||
Kegiatan Penutup 1. Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. 2. Menarik kesimpulan materi | ||
M | Penyelenggara Layanan | Guru Bimbingan dan Konseling |
N | Pihak yang dilibatkan | Guru Tatib dan Guru Piket |
O | Alat dan Perlengkapan | Tatatertib Sekolah, LCD Proyektor, Laptop, Papan Tulis, Spidol dan Penghapus |
P | Buku Referensi | Pedoman Teknis Penanganan Pelanggaran Siswa Dokumen KTSP (Hak dan Kewajiban Siswa) Buku Tata Tertib Siswa |
Q | Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut | 1. Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan 2. Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan |
Evaluasi : ..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
Mengetahui Batu, 10 Juni 2011
Kepala SMA Immanuel Batu Guru Bimbingan dan Konseling
Wahono, S.Pd. Eko Januar Wibowo
NIP. 19661204 198901 1 001 NIP –
PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BK
Kompetensi Dasar : Siswa mampu mengenal dan bersedia melaksanakan tata tertib sekolah yang berlaku secara benar dan bertanggungjawab sehingga tercapai keseimbangan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, mandiri, dan memiliki kesadaran yang tinggi
Kelas/Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Bidang bimbingan : Sosial
Jenis layanan : Pemahaman dan Pencegahan
Topik Bahasan : Tata Tertib Sekolah
Isi Materi : 1. Tata tertib di SMA Immanuel Batu
2. Hak dan Kewajiban siswa
Penilaian : Laiseg, laijapen, laijapang
Instrumen penilaian : Angket
Questionare
I. Angket
No | Pernyataan | Jawaban | ||
Sering | Kadang-kadang | Tidak Pernah | ||
1. | Saya mengerti arti penting adanya tata tertib di sekolah | |||
2. | Saya bersedia melakukan seluruh tata tertib yang berlaku di sekolah | |||
3. | Saya menganggap bahwa tata tertib akan membat hidup saya menjadi disiplin | |||
4. | Saya bersedia menerima sanksi yang telah ditetapkan oleh sekolah saat saya melanggar tata tertib yang berlaku | |||
5. | Saya akan berlaku sopan dan menghormati seluruh warga sekolah |
II. Questioner
1. Apa fungsi tata tertib sekolah?
-
-
-
2. Sebutkan minimal 3 (tiga) tata tertib yang berlaku di SMA Immanuel Batu!
-
-
-
-
3. Sebutkan hak dan kewajiban siswa SMA Immanuel Batu (masing-masing minimal 3)!
-
-
-
-
4. Apa tanggapanmu terhadap tata tertib yang diterapkan di SMA Immanuel Batu!
-
-
-
-
tlong mampir di blog ane gan
BalasHapuswww.ehasgaptek.blogspot.com