keyln.com

Selasa, 27 Desember 2011

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING


By on 05.30


SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (2)

Sekolah                                               : SMA  Immanuel Batu                                                                                                                                     Kelas                                                   : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan                : Bimbingan dan Konseling                                                                                                                               Semester                                             : 1 / Ganjil

Copy of logo imm1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA IMMANUEL BATU



Satuan Pendidikan      : SMA Immanuel Batu                        Kelas/ Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Mata Pelajaran            :Bimbingan dan Konseling                 TahunPelajaran :2010/2011    
Waktu                                     :2 x 45 menit                                       Tanggal              : 10 Juli 2011


A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Orientasi
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman dan Pencegahan
E
Standar Kompetensi
  1. Menyadari arti penting tata tertib dalam kehidupan sehari-hari  sehingga terhindar dari perilaku yang tidak dikehendaki oleh aturan yang berlaku
  1. Melaksanakan tata tertib yang berlaku di sekolah sehingga dapat mendukung proses pembelajaran dan berperilaku
       yang terpuji sebagai anggota masyarakat sekolah
  1. Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa di sekolah sehingga terjadi keseimbangan dalam dan hubungan
       timbal balik yang menguntungkan antara siswa dan sekolah
F
Kompetensi Dasar
Siswa mampu mengenal dan bersedia melaksanakan tata tertib sekolah yang berlaku  secara benar dan bertanggungjawab sehingga tercapai keseimbangan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, mandiri, dan memiliki kesadaran yang tinggi
G
Tujuan Layanan
  1. Siswa menyadari arti penting tata tertib dalam kehidupan sehari-hari  sehingga terhindar dari perilaku yang tidak dikehendaki oleh aturan yang berlaku
  1. Siswa dapat melaksanakan tata tertib yang berlaku di sekolah sehingga dapat mendukung proses pembelajaran dan berperilaku
       yang terpuji sebagai anggota masyarakat sekolah
  1. Siswa dapat melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa di sekolah sehingga terjadi keseimbangan dalam dan hubungan
       timbal balik yang menguntungkan antara siswa dan sekolah
H
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas X
I
Materi Layanan
Tatatertib Sekolah
  a. Untuk apa ada tata tertib?
  b. Tata tertib di sekolah
  c.  Hak dan kewajiban siswa
J
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas X
K
Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi (Tanya Jawab)
L
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1.      Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan arti penting tata krama, etika dan tata tertib  dalam kehidupan Sehari-hari.
2.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1.      Guru menjelaskan materi tintang tata krama dan etika di sekolah
2.      Guru menjelaskan tata tertib yang berlaku di sekolah
3.      Guru membuka sesi tanya jawab seputar tata tertib sekolah
Kegiatan Penutup
1.      Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
2.      Menarik kesimpulan materi
M
Penyelenggara Layanan
Guru Bimbingan dan Konseling
N
Pihak yang dilibatkan
Guru Tatib dan Guru Piket 
O
Alat dan Perlengkapan
Tatatertib Sekolah, LCD Proyektor, Laptop, Papan Tulis, Spidol dan Penghapus
P
Buku Referensi
Pedoman Teknis Penanganan Pelanggaran Siswa
Dokumen KTSP (Hak dan Kewajiban Siswa)
Buku Tata Tertib Siswa
Q
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
1.      Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
2.      Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan









Evaluasi                       : ..............................................................................................................................
                                      ..............................................................................................................................
                                      ..............................................................................................................................
                                      ..............................................................................................................................

Mengetahui                                                                    Batu, 10 Juni 2011
Kepala SMA Immanuel Batu                                        Guru Bimbingan dan Konseling



Wahono, S.Pd.                                                              Eko Januar Wibowo
NIP. 19661204 198901  1 001                                      NIP –
























PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BK

Kompetensi Dasar             :    Siswa mampu mengenal dan bersedia melaksanakan tata tertib sekolah yang berlaku  secara benar dan bertanggungjawab sehingga tercapai keseimbangan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, mandiri, dan memiliki kesadaran yang tinggi
Kelas/Semester                      :     X (Sepuluh) / Ganjil
Bidang bimbingan                 :     Sosial
Jenis layanan                         :     Pemahaman dan Pencegahan
Topik Bahasan                      :     Tata Tertib Sekolah
Isi Materi                               :     1. Tata tertib di SMA Immanuel Batu
                                                    2. Hak dan Kewajiban siswa
Penilaian                                :     Laiseg, laijapen, laijapang
Instrumen penilaian               :     Angket
                                                    Questionare

I.      Angket


No

Pernyataan
Jawaban
Sering
Kadang-kadang
Tidak Pernah
1.
Saya mengerti arti penting adanya tata tertib di sekolah




2.
Saya bersedia melakukan seluruh tata tertib yang berlaku di sekolah




3.
Saya menganggap bahwa tata tertib akan membat hidup saya menjadi disiplin




4.
Saya bersedia menerima sanksi yang telah ditetapkan oleh sekolah saat saya melanggar tata tertib yang berlaku



5.
Saya akan berlaku sopan dan menghormati seluruh warga sekolah









II.    Questioner

1.      Apa fungsi  tata tertib  sekolah?
-
-
-

2.      Sebutkan minimal 3 (tiga) tata tertib yang berlaku di SMA Immanuel Batu!
-
-
-
-

3.      Sebutkan hak dan kewajiban siswa SMA Immanuel Batu (masing-masing minimal 3)!
-
-
-
-

4.      Apa tanggapanmu terhadap tata tertib yang diterapkan di SMA Immanuel Batu!
-
-
-
-

COPAS AJA GUYS

Temen-temen kalau mau copas artikel keyln.com sah-sah saja dan boleh-boleh saja, asal cantumin www.keyln.com ya... GBU

1 komentar: